Jumat, 22 Februari 2019 - 07:17:33 WIB
Diklat Kuasa Pengguna Anggaran BMKG
Diposting oleh : Administrator
Produk: BERITA TERKINI - Dibaca: 29 kali

Jakarta - Senin (18/2) Deputi bidang Instrumentasi kalibrasi rekayasa dan jaringan komunikasi Dr. Widada Sulistya, DEA membuka kegiatan diklat Kuasa Pengguna Anggaran Kementerian/Lembaga di gedung serbaguna BMKG.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan Pusdiklat BMKG bekerjasama dengan Pusdiklat anggaran dan perbendaharaan Kementerian Keuangan bertujuan untuk memperoleh sumber daya manusia yang kapabel serta handal diperlukan untuk peningkatan kompetensi di bidang pengelolaan anggaran, yang sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Selain tujuan yang ingin dicapai, pelatihan ini memiliki sasaran menganalisis secara tematis dokumen perencanaan penganggaran, menyelesaikan permasalahan pada proses pengadaan barang dan jasa sesuai kewenangan KPA, menerapkan mekanisme pendapatan dan belanja negara sesusai kewenangan KPA serta memahami sistem akuntansi dan pelaporan keuangan Pemerintah Pusat.

Dr. Widada Sulistya, DEA dalam sambutannya menjelaskan bahwa "kegiatan pelatihan ini dipandang penting dan strategis, karena pelatihan ini memberikan wawasan, meningkatkan pengetahuan, ketrampilan serta sikap pegawai di lingkungan K/L, sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai KPA yang sesuai dengan peraturan berlaku untuk mencapai persyaratan kompetensi yang ditetapkan.

Kegiatan diklat diikuti sebanyak 30 peserta yang berasal dari Balai BEsar MKG Wilayah I - V serta Pusat, dan tenaga pengajar pelatihan KPA ini berasal dari Widyaiswara Pusdiklat anggaran dan Perbendaharaan, pakar serta praktisi di bidang perbendaharaan dan anggaran dan para narasumber lainnya.