Jumat, 22 Februari 2019 - 07:10:34 WIB
Kepala BMKG Buka Pelatihan Teknis Meteorologi Publik dan Pelatihan Teknis Geofisika
Diposting oleh : Administrator
Produk: BERITA TERKINI - Dibaca: 17 kali

Citeko Bogor - Selasa (19/2), Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi baik di bidang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika sudah sedemikian pesat, sehingga menuntut BMKG sebagai sebuah organisasi untuk selalu terus mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan kuantitas tenaga operasional untuk mencapai standar internasional dan memiliki daya saing global.

Untuk memastikan diri menjadi Global player Organization tahun 2045, dibuktikan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG dengan melaksanakan Pelatihan Teknis Meteorologi Publik (Prakiraan Berbasis Dampak) dan Pelatihan Teknis Geofisika (Mikrozonasi dan Probabilistic Seismic Hazard Analysis /PSHA) di Gedung Serbaguna Citeko Bogor yang dibuka secara resmi oleh Kepala BMKG Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, MSc. PH.d.

Dua Pelatihan yang diikuti oleh Pegawai BMKG Pusat dan UPT Daerah berjumlah 66 orang diantaranya 2 orang peserta berasal dari Negara Timor Leste, terdiri dari 32 peserta Pelatihan Teknis Meteorologi Publik dan 34 peserta Pelatihan Teknis Geofisika. Kegiatan Pelatihan diselenggarakan dari tanggal 18 - 24 Februari 2019.

Masing-masing Pelatihan diantaranya Pelatihan Teknis Meteorologi Publik dengan tujuan agar peserta mampu memahami secara konsep serta menerapkan praktik pembuatan / penyampaian informasi cuaca berbasis dampak dan Pelatihan Teknis Geofisika dengan tujuan agar peserta mampu mengidentifikasi potensi bahaya kegempaan berdasarkan karakteristik tanah setempat, serta handal dalam menilai bahaya kegempaan menggunakan Metode Probabilistic Seismic Hazard Analysis (PSHA).

Dalam sambutan dan arahannya, Kepala BMKG menyampaikan bahwa saat ini, BMKG sedang menyiapkan Rencana Strategis yang akan di terapkan tahun 2020-2024, dengan demikian BMKG harus sudah mampu menjadi Global player Organization (percepatan) yang ditargetkan pada Tahun 2045.

Selain Global Player, Rencana Strategis Tahun 2020-2024 diharapkan BMKG menjadi lembaga yang berkelas dunia dan Socio Entrepreneur Agency yang berfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia , Penataan organisasi, Layanan informasi yang prima berbasis dampak dan risiko, Infrastruktur peralatan operasional, dan Mewujudkan sistem pengelolaan data MKG yang terintegrasi, sambungnya

Lebih lanjut Kepala BMKG menyampaikan bahwa melalui Pelatihan Teknis Meteorologi Publik dan Pelatihan Teknis Geofisika dapat berkontribusi dalam melahirkan inovasi-inovasi yang mampu mengatasi permasalahan yang ada dalam mewujudkan cita-cita BMKG sebagai organisasi yang berpengaruh di dunia internasional.

"para peserta diharapkan, haruslah siap mencari peluang dan membaca resiko dari peluang yang ada agar terbentuk jiwa Socio Entrepreneur dengan ulet dan pantang menyerah memberikan informasi MKG kepada Publik", jelas Kepala BMKG

Untuk mencapai tujuan, Pembelajaran pada kedua Pelatihan ini diterapkan dua agenda terdiri atas Agenda Sosiokultural dan Agenda teknis, yang masing-masing pelatihan seperti Pelatihan Teknis Meteorologi Publik dilaksanakan dengan jumlah 54 jam pelajaran dan Pelatihan Teknis Geofisika dilaksanakan dengan jumlah 50 jam pelajaran.