Senin, 21 Oktober 2019 - 07:19:52 WIB
Simulasi Pembentukan Hujan, BMKG Juara Ignite Stage
Diposting oleh : Administrator
Produk: BERITA TERKINI - Dibaca: 37 kali

Pangkalpinang - Hadirin membanjiri panggung utama Ignite Stage hari kedua kegiatan Pameran Risiko Bencana (PRB) di Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung, Sabtu malam (12/10). Malam itu, Tim BMKG menyihir penonton dengan simulasi pembentukan hujan.

Beberapa penonton diminta naik ke panggung untuk menyaksikan dari dekat. "Siapa yang ingin lihat dari dekat silahkan naik ke atas panggung" ujar Taufiq PIC Tim BMKG memulai performanya. Kurniaji Kasi Data dan Informasi bersama tim memperkenalkan peralatan simulasi diatas panggung kepada penonton yang terlihat sangat antusias. " ada kompor, air, wajan, es batu, rak besi dan plastik", ujar Kurniaji.

Kemudian air dipanaskan memunculkan uap air. uap air ini mengenai permukaan rak besi yang diatasnya telah ditaroh es batu. "Air yang dipanaskan diumpamakan matahari yang memanaskan permukaan air. kemudian karena dipanaskan, air menguap. Uap air ini naik ke atmosfer yang dingin seperti es. Muncul bulir-bulir air pada permukaan rak besi yang disebut kondensasi", lanjut Kurniaji.

"Bagaimana kalau sekelilingnya ditutup plastik, apa yang terjadi?" Kurniaji melontarkan pertanyaan ke penonton. Tim BMKG kemudian menutup rak dengan plastik. Plastik ini membuat angin tidak dapat masuk kedalam rak yang terjadi kondensasi. tidak lama kemudian bulir-bulir air berjatuhan.

"Bulir-bulir air yang berjatuhan inilah yang dusebut hujan. Ternyata adanya angin disekeliling kondensasi dapat menghambat turunnya hujan. "Jika angin itu dikurangi dengan tutupan plastik tadi, bulir-bulir itu jatuh menjadi hujan. begitu juga yang terjadi dalam proses hujan sebenarnya", ujar Kurniaji.

Disela-sela pertunjukan tim BMKG juga memperkenalkan layanan multi sektor termasuk penanggulangan bencana dan juga keberadaan stasiun BMKG yang ada di Provinsi Bangka Belitung.

"Silahkan bapak dan ibu mencobanya dirumah bersama dengan anak-anaknya, tentunya dengan berhati-hati. Silahkan datang ke BMKG dan kami juga dapat diminta untuk datang ke sekolah-sekolah untuk memperkenalkan BMKG lebih lanjut dalam bentuk simulasi yang mengasikan seperti ini. Dan jangan lupa berkunjung ke booth BMKG", ujar Taufiq meramaikan suasana.

Pada malam itu banyak orang tua membawa anak-anaknya untuk mengunjungi pameran PRB yang diikuti 67 peserta dan menonton pertunjukan Ignite Stage.
Pertunjukan ini membawa BMKG menjadi juara pertama Ignite Stage pada Pameran PRB Kali ini.