Rabu, 15 Mei 2019 - 06:54:14 WIB
Mahasiswa UI Merambah Ilmu ke BMKG
Diposting oleh : Administrator
Produk: BERITA TERKINI - Dibaca: 16 kali

Jakarta-Kamis,(9/5) Sebanyak 53 Mahasiswa dan 2 Dosen Jurusan Geofisika Universitas Indonesia berkunjung ke BMKG untuk menambah ilmu terkait gempa, cuaca dan iklim.

Mereka disambut Kasubag Hubungan Pers dan Media, Dwi Rini Endra Sari, S.I.Kom di Ruang Rapat, Gedung A BMKG sekaligus menjelaskan mengenai seluk beluk Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Kunjungan tersebut menghadirkan dua narasumber, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Tiar Prasetya, S.Si. M.Sc dan Kepala Sub Bidang Analisis Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Dr. Suaidi Ahadi, ST, MT.

"Mitigasi adalah tindakan atau persiapan yang dilakukan jauh sebelum menjadi suatu bencana, dimana ada dua langkah mitigasi yang bisa dilakukan, mitigasi pasif adalah pada saat berpotensi bencana maka dibuat pemetaan terlebih dulu, bisa juga dengan membangun gedung yang tahan gempa, " ujar Tyar Prasetya.

"Sedangkan mitigasi aktif dengan periksa tempat kita, pahami daerah tersebut serta mengadakan pelatihan dan evakuasi gempa bumi dan tsunami, " tambahnya.

Suaidi mengatakan, mengelola posisi bulan dan matahari untuk tanda waktu, dalam penentuan hilal yang mengeluarkan kebijakan dari BMKG, serta penentuan sistem waktu nasional BMKG yang membuat waktu standar.

"Kita lagi mengembangkan sistem waktu untuk transaksi elektronik dan mengacu sistem waktu pada standar nasional dengan memakai jam atom cesium," lanjutnya.

Setelah paparan, mahasiswa berkunjung ke Ruang Operasional Geofisika, Ruang Operasional Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu, Ruang Operasional Klimatologi dan Simulator Gempa Bumi.